Kamis, 15 November 2012

KARAKTERISTIK TUNANETRA



KARAKTERISTIK TUNA NETRA
                        
A.KARAKTERISTIK ANAK TUNANETRA DALAM ASPEK  AKADEMIS
Bateman dalam Hallahan &Kauffman (1991:312) mengemukakan bahwa darihasil penelitian, diperoleh beberapa fakta yang memberikan kesan bahwa anak tunanetra baik yang kurang lihat maupun buta, ketinggalan dari temannya yang awas. Berkaitan dengan tersebut, Samuel Hayes dalam
Moh. Amin (1986:13)telah mengukur kecerdasan tunanetra dengan menggunakan tes kecerdasanHayes Binet dengan menghilangkan nomor-nomor yang menggunakanpenglihatan dan menggantinya dengan nomor-nomor yang tidak menggunakanpenglihatan dari Standford-Binet. Tes tersebut menguji 2.312 anak-anak buta,dan menemukan bahwa angka IQ rata-rata mereka adalah
98,8.Studi yang dilakukan oleh kephart 7 Schwartz (1974) menunjukkan bahwaanak-anak yang mengalami gangguan penglihatan yang berat cenderungmemperoleh kemampuan berkomunikasi secara lisan, dan mampu berprestasi,seperti anak awas.
B.KARAKTERISITK ANAK TUNANETRA DALAM ASPEK PRIBADI DAN SOSIAL
Hallahan & Kauffman (1991:313) mengemukakan bahwa hasil penelitiantidak menunjukkan bahwa anak tunanetra secara umum tidak dapat menyesuaikan diri (maladjusted) sehingga masalah kepribadian bukan merupakan sifat pembawaan dari ketunanetraannya.Sikap negatif orang awas, dapat terjadi karena adanya penilaian yang  salah atau persepsi negatif terhadap tunanetra. Beberapa literatur mengemukakan karakteristik yang mungkin terjadi pada anak tunanetra yang tergolong buta sebagai akibat langsung maupun tidak langsung dari kebutaannya ialah:
1) Curiga pada orang lain
2)Mudah tersinggung
3) Ketergantungan pada orang lain
C.KARAKTERISTIK ANAK TUNANETRA DALAM ASPEK FISIK /SENSORISDAN MOTORIK/PERILAKU
1.Aspek Fisik dan Sensoris
Dari kondisi matanya dan sikap tubuhnya yang kurang ajeg serta agakkaku.
Dari segi indera, umumnya anak tunanetra menunjukkan kepekaan yang lebih baik pada indera pendengaran dan perabaan dibanding dengananak awas.
2.Aspek Motorik
Dari aspek motorik/perilaku anak tunanetra menunjukkan karakteristik sebagai berikut:
a.Gerakannya agak kaku dan kurang fleksibelb.Perilaku Stereotipee (Stereotip behavior)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar